This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Entri Populer

Minggu, 25 Maret 2012

IBD : Keindahan Intrinsik dan Ekstrinsik

Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.

Pengalaman "keindahan" sering melibatkan penafsiran beberapa entitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteraman emosional. Karena ini adalah pengalaman subyektif, sering dikatakan bahwa beauty is in the eye of the beholder atau "keindahan itu berada pada mata yang melihatnya.
Artikel
Nilai Ekstrinsik dan Intrinsik Suatu Keindahan
sumber : http://andiidian.blogspot.com/2011/06/pengertian-ekstrinsik-adalah-sifat-baik.html

Pengertian ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya , yakni nilai yang bersifat sebagai alat atau membantu.
Contohnya puisi, bentuk puisi yang terdiri dari bahasa, diksi, baris, sajak, irama, itu disebut nilai ekstrinsik


Pengertian intrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan, atau sebagai suatu tujuan, ataupun demi kepentingan benda itu sendiri.
Contohnya : pesan puisi yang ingin disampaikan kepada pembaca melalui (alat benda) puisi itu disebut nilai intrinsik .

Nilai keindahan instrinsik adalah nilai bentuk seni yang dapat diindera dengan mata, telinga atau keduanya. Nilai bentuk ini kadang juga disebut nilai struktur yaitu bagaimana cara menyusun nilai-nilai ekstrinsiknya atau bahannya berupa rangkaian peristiwa. Semuanya disusun begitu rupa sehingga menjadi sebuah bentuk yang berstruktur dan dinamai nilai instrinsik. Cara menyusun bentuk tadi melahirkan sebuah cerita. Kumpulan peristiwa yang sama oleh dua orang penulis mungkin saja disusun berdasarkan urutan atau struktur yang berbeda, sehingga nilai seninya juga berbeda.

Demikian banyaknya hasil seni budaya dengan menggunakan pendekatan ekstrinsik dan pendekatan intrinsik melalui proses penghayatan kita dapat mengetahui alasan mereka atau seniman menciptakan keindahan melalui hasil seni. Kalau Bagong Kussudiarjo ditanya mengapa ia menciptakan berbagai kreasi tarian baru yang menggambarkan kehidupan nelayan, petani, buruh pabrik, tentu ada berbagai macam jawaban mungkin ia ingin mengabadikan kegiatan masing-masing pekerjaan itu pada zamannya. Karena kelak apabila teknologi maju memasuki wilayah itu kegiatan mereka itu akan lain bentuknya. Atau mungkin ia ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa keindahan itu tidak hanya dapat di kota-kota saja, dan yang menggemari keindahan itu bukan hanya para cendikiawan saja, tetapi di masyarakat, nelayan, buruh pabrik dan petani yang setiap hari berjuang demi sesuap nasi-pun merindukan keindahan.

Kesimpulan dan Pendapat

Keindahan tidak hanya ada pada sosok benda atau makhluk hidup yang dianggap bagus dan enak dilihat oleh mata, tapi keindahan itu juga dari semua benda, makhluk hidup, alam, karya seni dan sebagainya. Keindahan tidak hanya sesuatu yang dinikmati oleh indra pengelihatan, tapi juga oleh semua indra yang kita miliki, seperti rasa, sentuhan, suara, dan wewangian. Itu semua bisa disebut keindahan, tergantung orang yang merasakannya, karena keindahan merupaka sesuatu yang subjektif atau tidak pasti.

Dalam artikel di atas telah dijelaskan bahwa keindahan terbagi menjadi dua jenis. Mungkin yang selama kita pahami dan mengerti adalah keindahan yang hanya kita rasakan mengenai panca indra saja, keindahan semacam itu disebut sebagai Keindahan Ekstrinsik. Sedangkan Keindahan Intrinsik adalah keindahan yang dihasilkan dari suatu benda berdasarkan manfaatnya (benda yang dimaksudkan tidak hanya benda mati, tapi yang disebutkan di atas), manfaat yang dihasilkan juga termasuk manfaat untuk benda itu sendiri.

Sedikit contoh untuk memperjelas, Jika kita melihat pemandangan yang indah dari atas gunung maka itu adalah Keindahan Ekstrinsiknya, sedangkan alam yang menghasilkan oksigen yang bermanfaat untuk makhluk hidup lain dan alam itu sendiri merupakan Keindahan Intrinsiknya, 

Sabtu, 24 Maret 2012

IBD : Manusia dan Penderitaan

Penderitaan adalah suatu keadaan dimana kita merasa disakiti baik secara fisik maupun mental. Contoh secara fisik yaitu terkena terkena penyakit, mengalami kecelakaan, dll. Kalau secara mental yaitu mendapat cacian dari orang lain, dikecewakan, dikhianati, ditinggalkan oleh orang yang dikasihi.

Dalam arti lain penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sengsakerta yaitu dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dalam kehidupan manusia sering terjadi seiring berkembangnya kehidupan manusia tersebut. Semakin berkembangnya kehidupan manusia makan akan semakin kompleks juga penderitaan yang akn di hadapi manusia.


Artikel

Dampak psikologis Tsunami di jepang dan Gangguan stress pasca trauma
(Posttraumatic stress disorder)
sumber:http://okkyyudistira.wordpress.com/2011/03/23/dampak-psikologis-tsunami-di-jepang-dan-gangguan-stress-pasca-trauma-posttraumatic-stress-disorder/
23 Maret 2012

Selasa malam kemarin, kembali Jepang digoyang gempa yang cukup kuat. Berkekuatan 6,4 SR dengan kedalaman 10 km di wilayah Shizuoka. Cukup menggetarkan bagi kami yang tinggal di Fujisawa karena prefektur Shizuoka terletak bersebelahan dengan prefektur kami, Kanagawa. Ini mengingatkan kami kepada trauma terhadap gempa 9,0 SR pada hari Jumat, 11 Maret 2011. Yang paling merasakan dampaknya adalah anak kami yang masih balita. Dia menampakkan gejala stres. Namun, karena belum mampu mengutarakannya, dia hanya bisa diam. Ya, anak saya hanya diam ketika gempa datang atau ketika bunyi isyarat gempa terdengar dari televisi nasional, bahkan ketika mendengar kata “goyang” atau “gempa”. Reaksi diam dan wajah pucatnya akan tertinggal pada dirinya sampai satu atau dua jam pascagempa.

Semula kami sebagai orang tua bisa mengatasinya. Namun, dengan begitu seringnya terjadi gempa, begitu masifnya terjangan tsunami dan sekarang meningkatnya krisis nuklir di Fukushima, sebagai manusia biasa pun kami mengalami stres. Rasa stres dan khawatir itu tentu saja tidak hanya menghinggapi orang asing, tetapi orang Jepang juga. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya diguncang gempa besar 9,0 magnitudo, disusul tsunami yang meluluhlantakkan, dibuat was-was oleh krisis nuklir yang menyita perhatian dunia, dan disuguhi oleh berita di televisi seputar bencana secara terus-menerus. Bagi orang asing, ditambah lagi dengan berita-berita yang lebih heboh di tanah air; yang membuat keluarga besar di tanah air menjadi khawatir. Lama-lama, secara psikologis, itu akan berpengaruh besar kepada siapa saja.

Ketika mencoba membuka-buka Buku Panduan Pencegahan Bencana (Disaster Prevention Guidebook) dari pemerintah kota setempat, tidak ada  tips mengenai penanganan mental dan psikologi dalam situasi bencana. Semuanya hanya mengenai teknik persiapan menghadapi gempa, cara mengungsi, dan informasi seputar tempat pengungsian. Di televisi pun yang dibahas, selain dampak dan jumlah korban bencana, hanyalah hal seputar teknis-geologis yang untuk masyarakat awam (dalam keadaan darurat) sebenarnya tidak begitu penting lagi.

Yang kelihatannya terlewatkan dalam bencana gempa dan tsunami kali ini adalah penanganan aspek sosial dan psikologi dari bencana. Selain tidak adanya tips atau petunjuk pengelolaan aspek kejiwaan dalam situasi krisis bencana dalam buku panduan, menurut salah seorang rekan Jepang, agak cukup sulit pula mendapatkan bantuan tenaga psikolog untuk berkonsultasi seputar penanganan stres dalam bencana. Tenaga psikolog itu ada, tetapi biasanya di wilayah yang terkena dampak bencana paling luas dan parah.

Sekarang ini, di Jepang cukup banyak orang asing yang datang untuk belajar, bekerja, atau berwisata. Selain itu, juga banyak orang Jepang yang lahir, besar, atau pernah tinggal di luar negeri. Orang-orang seperti ini kemungkinan memiliki ambang batas toleransi yang tidak sama dengan orang Jepang yang lahir, besar, dan tinggal di Jepang dalam menghadapi bencana. Secara mental, barangkali orang Jepang biasa umumnya sudah siap dan terlatih sejak kecil menghadapi bencana alam, terutama gempa dan tsunami. Namun, hal yang sama mungkin tidak terdapat pada orang asing atau orang Jepang yang lama berada di luar negeri, terutama di negeri yang aman-aman saja dari gempa dan tsunami.

Dalam manajemen bencana, aplikasi teknologi penginderaan dan deteksi dini mungkin memang sangat perlu, tetapi penanganan aspek mental bagi anggota masyarakat yang terkena bencana juga tidak kalah pentingnya. Mudah-mudahan hal semacam ini bisa dipertimbangkan atau menjadi perhatian dalam menghadapi bencana besar di Jepang di kemudian hari.

Definisi Posttraumatic stress disorder
Gangguan stress pasca trauma atau posttraumatic stress disorder ditandai oleh pengulangan, ingatan yang mengganggu pada peristiwa traumatic yang menggoncang mereka.
  1. Peristiwa yang mengancam kematian atau luka serius bisa menyebabkan penderitaan yang hebat dan berlangsung lama.
  2. Orang yang terkena bisa mengingat peristiwa tersebut,mengalami mimpi buruk,dan menghindari apapun yang mengingatkan mereka pada peristiwa tersebut.
  3. Pengobatan bisa termasuk psikoterapi (mendukung dan melakukan terapi) dan pemberian obat antidepresan.
Mengalami atau melihat peristiwa yang traumatic yang mengancam kematian atau luka serius bisa mempengaruhi seseorang lama setelah pengalaman berlalu. Ketakutan hebat,ketidakberdayaan,atau pengalaman menakutkan selama peristiwa traumatic bisa menghantui seseorang.
Peristiwa yang bisa menyebabkan gangguan tekanan yang pasca-traumatik termasuk dibawah ini:
  1. Berhubungan dengan perang
  2. Mengalami atau melihat kekerasan fisik atau seks.
  3. Terkena bencana,baik alam (misalnya,angin topan) atau buatan manusia (missal,kecelakaan mobil hebat)

Kadangkala gejala tidak dimulai sampai berbulan-bulan atau bahkan tahunan setelah peristiwa traumati terjadi. Jika gangguan stress pasca-traumatic telah ada selama 3 bulan atau lebih,hal ini dianggap kronis.
Gangguan stress posttraumatic mempengaruhi setidaknya 8% orang kadangkala sepanjang hidup mereka,termasuk masa kanak-kanak. Banyak orang mengalami peristiwa traumatic,seperti veteran perang dan korban pemerkosaan atau kegiatan kekerasan lainnya, mengalami gangguan stress posttraumatic.

Kesimpulan dan Pendapat

Menurut pendapat saya mungkin pihak penanggulangan musibah di jepang tidak salah jika tidak mencantumkan pentunjuk untuk mengatasi trauma pasca bencana, karena orang-orang yang stress atau trauma belum tentu ingin membacanya, meskipun akan ada orang lain seperti pihak keluarga yang akan membaca, namun tidak semua bisa melalukan hal penyembuhan terhadap orang yang mengalami trauma tersebut. Mungkin lebih baik pasca bencana diadakan kegiatan rutin karantina kepada orang-orang yang mengalami stress atau trauma agar tidak berkepanjangan.

Ketahan seseorang terhadap bencana pada tiap daerah dan negara berbeda-beda, contohnya seperti di Jepang yang rawan gempa dan tsunami, USA yang rawan dengan badai dan tornado, ada pula masalah tentang kemacatan yang mungkin ada beberapa orang yang tidak biasa mengalaminya. Dengan adanya perbedaan tersebut, setiap orang di haruskan untuk terlebih dahulu beradaptasi tentang situasi di suatu daerah.

Kesimpulan yang dapat diambil dari masalah stress atau trauma akibat pasca bencana yaitu tidak setiap orang dapat merelakan atau melupakan apa yang sudah terjadi, apalagi secara psikologis hal buruk itu lebih sulit dilupakan daripada hal baik, namun jika kita memiliki masalah janganlah ditahan dan dipendam sendiri, karena hal tersebut dapat membuat kita stress dan menyebabkan banyak penyakit. Bantuan dan perhatian dari keluarga dan kerabat dekat jugalah perlu bagi para penderita. Ada juga orang yang lebih memilih untuk memendam penderitaannya sendiri, karena ia tidak ingin melibatkan orang lain dalam masalah yang sedang dialaminya. Jadi, cobalah memahami diri anda sendiri, anda merasa lebih nyaman untuk sendiri atau butuh pertolongan orang lain. Dengan begitu anda bisa mengatasi gangguan pikiran atau stress yang sendang dialami.


.

Rabu, 21 Maret 2012

Tokusatsu : Kamen Rider OOO, Combo Form

Part 2 : Oz History and Combo Form

Di Part sebelumnya telah kita bahas mengenai hubungan Core dan Karakter yang ada di Kamen Rider OOO, sekarang atau di part ini saya akan membahas tentang sejarah Oz dan Juga Form yang dimiliki Oz. Seperti yang diceritakan di part 1, Core, Oz, dan Greed diciptakan oleh alchemist, Oz dibuat untuk mengatur para greed, namun pada 8000 tahun, Oz memiliki hasrat yang berlebihan untuk memili semua core dan menggunakannya sekaligus, dan apa yang terjadi. Setelah Oz menggunakan seluruh Core sekaligus kekuatan yang dihasilkan tidak dapat dibendung dan membuat Oz lepas kendali, Oz pun tersegel di dalam sebuat peti beserta hampir kesuluran Core, dan cerita bersampung di tahun 2011 di episode 1 Kamen Rider OOO. Pemilik Oz di tahun 2010 ini bernama Hino Eiji.






Sebelum kita membahas tentang combo form yang dimiliki oleh Oz saya akan menyebutkan nama-nama greed pemilik core-core tersebut, yaitu.
  1. Ankh (Red Core), Bird Greed
  2. Uva (Green Core), Insect Greed
  3. Kazari (Yellow Core), Carnivore Greed
  4. Gamel (Grey Core), Big Herbivore Greed
  5. Mezool (Blue Core), Sea Animal Greed


Setiap combo form memili Scanning Charge, biasa di setiap kamen rider sebagai final attack untuk mengakhiri pertarungan. Berikut akan saya jelaskan form combo apa saja  yang dimiliki oleh Oz.
#Jika kurang mengerti type dari tiap Core Medal, bisa dilihat langsung dari gambar di sebelahnya.

1. Basic Form **TaToBa**
Ini ada form dasar yang digunakan oleh Oz, bisa dibilang form yang paling stabil dan tidak boros stamina.
Kepala : Taka
Badan  : Tora
Kaki    : Batta



2. Uva Combo **GataKiriBa**
Combo dengan spesialisasi memperbanyak diri, tipe charge tendangan,
Kepala : Kuwagata
Badan  : Kamakiri
Kaki    : Batta




3. Kazari Combo **RaToraTa**
Combo dengan cahaya yang kuat dapat membutakan musuh dan memiliki kecepatan gerak yang tinggi.
Kepala : Raion
Badan  : Tora
Kaki    : Cheetah



4. Gamel Combo **SaGoZo**
Combo yang memiliki kekuatan dan pertahanan yang tinggi tapi speed sangat rendah. Combo ini dapat menimbulkan gempa.
Kepala : Sai (Rhino)
Badan  : Gorila
Kaki    : Zo (Elephant)



5. Ankh Combo **TaJaDoru**
Combo yang paling spesial selain memiliki Scanning Charge juga memiliki Giga Scan (memasukan Core di lingkaran tangan kirinya) membentuk Phoenix form.
Kepala : Taka (Hawk)\
Badan  : Kujaku 
Kaki    : Condor


6. Mezool Combo **ShaUTa**
Combo form yang menggunakan kekuatan air dan dapat bergerak dengan cepat di dalam air. Dapat menghambat gerakan musuh dengan setruman belut listrik di tangannya.
Kepala : Shaci (Dolphine)
Badan  : Unagi (Eel)
Kaki    : Tako (Octopus)


7. Unidentified Combo **PuToTyra**
Combo berwarna ungu dengan basic kekuatan dinosaurus purba yang sulit dikendalikan, Core ini bersarang di tubuh Oz yang sekarang dimiliki oleh Hino Eiji.
Kepala : Ptera
Badan  : Torikera
Kaki    : Tyrano

Sekian di Part ke 2 tentang History dan Combo Form..
Sampai jumpa lagi dei pertemuan berikutnya..
follow and watch the Serial Movie of Kamen Rider OOO.

Minggu, 18 Maret 2012

IBD : Makna Kasih Sayang

Kasih sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S. Poerwadarminta ada perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.

Menurut Mery Lutyens, bahwa kasih sayang adalah factual, bukan sentimental yang mengandung emosional yang dapat ditangisi kepergiannya maupun kedatangannya. Memiliki kasih sayang berarti memiliki simpatik, ia bebas dari rasa takut, paksaan dan kewibawaan serta tindakan akal budi pada diri sendiri. Dalam kasih saying, sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut “tanggung jawab”, “pengorbanan”, “kejujuran”, “pengertian”, dan “keterbukaan” sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh.

Artikel
Indahnya Kasih Sayang
Sumber : van.9f.com/indahnya_kasih_sayang.htm

Mahasuci ALLOH, Zat yang Maha Mengaruniakan kasih sayang kepada makhluk-makhluk Nya. Tidaklah kasih sayang melekat pada diri seseorang, kecuali akan memperindah orang tersebut, dan tidaklah kasih sayang terlepas dari diri seseorang, kecuali akan memperburuk dan menghinakan orang tersebut.

Betapa tidak? Jikalau kemampuan kita menyayangi orang lain tercerabut, maka itulah biang dari segala bencana, karena kasih sayang ALLOH Azza wa Jalla ternyata hanya akan diberikan kepada orang-orang yang masih hidup kasih sayang di kalbunya.

Karenanya, tidak bisa tidak, kita harus berjuang dengan sekuat tenaga agar hati nurani kita hidup. Tidak berlebihan jikalau kita mengasahnya dengan merasakan keterharuan dari kisah-kisah orang yang rela meluangkan waktu untuk memperhaikan orang lain. Kita dengar bagaimana ada orang yang rela bersusah-payah membacakan buku, koran, atau juga surat kepada orang-orang tuna netra, sehingga mereka bisa belajar, bisa dapat informasi, dan bisa mendapatkan ilmu yang lebih luas.

Rasulullah SAW dalam hal ini bersabda, "ALLOH SWT mempunyai seratus rahmat (kasih sayang), dan menurunkan satu rahmat (dari seratus rahmat) kepada jin, manusia, binatang, dan hewan melata. Dengan rahmat itu mereka saling berbelas-kasih dan berkasih sayang, dan dengannya pula binatang-binatang buas menyayangi anak-anaknya. Dan (ALLOH SWT) menangguhkan 99 bagian rahmat itu sebagai kasih sayang-Nya pada hari kiamat nanti." (H.R. Muslim).

Dari hadis ini nampaklah, bahwa walau hanya satu rahmat-Nya yang diturunkan ke bumi, namun dampaknya bagi seluruh makhluk sungguh luar biasa dahsyatnya. Karenanya, sudah sepantasnya jikalau kita merindukan kasih sayang, perhatian, dan perlindungan ALLOH SWT, tanyakanlah kembali pada diri ini, sampai sejauhmana kita menghidupkan kalbu untuk saling berkasih sayang bersama makhluk lain?


Kasih sayang dapat diibaratkan sebuah mata air yang selalu bergejolak keinginannya untuk melepaskan beribu-ribu kubik air bening yang membuncah dari dalamnya tanpa pernah habis. Kepada air yang telah mengalir untuk selanjutnya menderas mengikuti alur sungai menuju lautan luas, mata air sama sekali tidak pernah mengharapkan ia kembali.


Sama pula seperti pancaran sinar cerah matahari di pagi hari, dari dulu sampai sekarang ia terus-menerus memancarkan sinarnya tanpa henti, dan sama pula, matahari tidak mengharap sedikit pun sang cahaya yang telah terpancar kembali pada dirinya. Seharusnya seperti itulah sumber kasih sayang di kalbu kita, ia benar-benar melimpah terus tidak pernah ada habisnya.

Tidak ada salahnya agar muncul kepekaan kita menyayangi orang lain, kita mengawalinya dengan menyayangi diri kita dulu. Mulailah dengan menghadapkan tubuh ini ke cermin seraya bertanya-tanya:  Apakah wajah indah ini akan bercahaya di akhirat nanti, atau justru sebaliknya, wajah ini akan gosong terbakar nyala api jahannam?

Tataplah hitamnya mata kita, apakah mata ini, mata yang bisa menatap ALLOH, menatap Rasulullah SAW, menatap para kekasih ALLOH di surga kelak, atau malah akan terburai karena kemaksiyatan yang pernah dilakukannya?

Rabalah bibir manis kita, apakah ia akan bisa tersenyum gembira di surga sana atau malah bibir yang lidahnya akan menjulur tercabik-cabik?!

Perhatikan tubuh tegap kita, apakah ia akan berpendar penuh cahaya di surga sana, sehingga layak berdampingan dengan si pemiliki tubuh mulia, Rasulullah SAW, atau tubuh ini malah akan membara, menjadi bahan bakar bersama hangusnya batu-batu di kerak neraka jahannam?

Ketika memandang kaki, tanyakanlah apakah ia senantiasa melangkah di jalan ALLOH sehingga berhak menginjakkannya di surga kelak, atau malah akan dicabik-cabik pisau berduri.

Memandang mulusnya kulit kita, renungkanlah apakah kulit ini akan menjadi indah bercahaya ataukah akan hitam legam karena gosong dijilat lidah api jahannam?

Mudah-mudahan dengan bercermin sambil menafakuri diri, kita akan lebih mempunyai kekuatan untuk menjaga diri kita.

Jangan pula meremehkan makhluk ciptaan ALLOH, sebab tidaklah ALLOH menciptakan makhluk-Nya dengan sia-sia. Semua yang ALLOH ciptakan syarat dengan ilmu, hikmah, dan ladang amal. Semua yang bergerak, yang terlihat, yang terdengar, dan apa saja karunia dari ALLOH adalah jalan bagi kita untuk bertafakur jikalau hati ini bisa merabanya dengan penuh kasih sayang.

Dikisahkan di hari akhir datang seorang hamba ahli ibadah kepada ALLOH, tetapi ALLOH malah mencapnya sebagai ahli neraka, mengapa? Ternyata karena suatu ketika si ahli ibadah ini pernah mengurung seekor kucing sehingga ia tidak bisa mencari makan dan tidak pula diberi makan oleh si ahli ibadah ini. Akhirnya mati kelaparanlah si kucing ini. Ternyata walau ia seorang ahli ibadah, laknat ALLOH tetap menimpa si ahli ibadah ini, dan ALLOH menetapkannya sebagai seorang ahli neraka, tiada lain karena tidak hidup kasih sayang di kalbunya.

Tetapi ada kisah sebaliknya, suatu waktu seorang wanita berlumur dosa sedang beristirahat di pinggir sebuah oase yang berair dalam di sebuah lembah padang pasir. Tiba-tiba datanglah seekor anjing yang menjulur-julurkan lidahnya seakan sedang merasakan kehausan yang luar biasa. Walau tidak mungkin terjangkau kerena dalamnya air di oase itu, anjing itu tetap berusaha menjangkaunya, tapi tidak dapat. Melihat kejadian ini, tergeraklah si wanita untuk menolongnya. Dibukalah slopnya untuk dipakai menceduk air, setelah air didapat, diberikannya pada anjing yang kehausan tersebut. Subhanallah, dengan ijin ALLOH, terampunilah dosa wanita ini.

Demikianlah, jikalau hati kita mampu meraba derita makhluk lain, insya ALLOH keinginan untuk berbuat baik akan muncul dengan sendirinya.

Kisah lain, ketika suatu waktu ada seseorang terkena penyakit tumor yang sudah menahun. Karena tidak punya biaya untuk berobat, maka berkunjunglah ia kepada orang-orang yang dianggapnya mampu memberi pinjaman biaya.

Bagi orang yang tidak hidup kasih sayang di kalbunya, ketika datang orang yang akan meminjam uang ini, justru yang terlintas dalam pikirannya seolah-olah harta yang dimilikinya akan diambil oleh dia, bukannya memberi, malah dia ketakutan akan hartanya karena disangkanya akan habis atau bahkan jatuh miskin.

Tetapi bagi seorang hamba yang tumbuh kasih sayang di kalbunya, ketika datang yang akan meminjam uang, justru yang muncul rasa iba terhadap penderitaan orang lain. Bahkan jauh di lubuk hatinya yang paling dalam akan membayangkan bagaimana jikalau yang menderita itu dirinya. Terlebih lagi dia sangat menyadari ada hak orang lain yang dititipkan ALLOH dalam hartanya. Karenanya dia begitu ringan memberikan sesuatu kepada orang yang memang membutuhkan bantuannya.

Ingatlah, hidupnya hati hanya dapat dibuktikan dengan apa yang bisa kita lakukan untuk orang lain dengan ikhlas. Apa artinya hidup kalau tidak punya manfaat? Padahal hidup di dunia ini cuma sekali dan itupun hanya mampir sebentar saja. Tidak ada salahnya kita berpikir terus dan bekerja keras untuk menghidupkan kasih sayang di hati ini. Insya ALLOH bagi yang telah tumbuh kasih sayang di kalbunya, ALLOH Azza wa Jalla, Zat yang Maha Melimpah Kasih Sayang-Nya akan mengaruniakan ringannya mencari nafkah dan ringan pula dalam menafkahkannya di jalan ALLOH, ringan dalam mencari ilmu dan ringan pula dalam mengajarkannya kepada orang lain, ringan dalam melatih kemampuan bela diri dan ringan pula dalam membela orang lain yang teraniaya, Subhanallah.

Cara lain yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk menghidupkan hati nurani agar senantiasa diliputi nur kasih sayang adalah dengan melakukan banyak silaturahmi kepada orang-orang yang dilanda kesulitan, datang ke daerah terpencil, tengok saudara-saudara kita di rumah sakit, atau pula dengan selalu mengingat umat Islam yang sedang teraniaya, seperti di Bosnia, Checnya, Ambon, Halmahera, atau di tempat-tempat lainnya.

Belajarlah terus untuk melihat orang yang kondisinya jauh di bawah kita, insya ALLOH hati kita akan melembut karena senantiasa tercahayai pancaran sinar kasih sayang. Dan hati-hatilah bagi orang yang bergaulnya hanya dengan orang-orang kaya, orang-orang terkenal, para artis, atau orang-orang elit lainnya, karena yang akan muncul justru rasa minder dan perasaan kurang dan kurang akan dunia ini, Masya ALLOH.


Kesimpulan dan Pendapat.

Artikel ini sangat bagus dan direkomendasikan untuk dibaca, di awali dari tema yang diangkat serta isi yang terkandung di dalamnya yang sangat mengena tentang arti dari kasih sayang secara lebih kommpleks dan mendalam, jika kita membacanya dengan seksama maka kita akan mengerti apa itu rasa kasih sayang yang sebenarnya.



Penulis juga menjabarkan pengertian dari kasih sayang tidak hanya secara teori namun juga dengan mencontohkan dalam bentuk cerita-cerita pendek bahkan contoh sehari-hari yang sering kita alami. Kemudian di akhir cerita-cerita pendek tersebut penulis memberikan pesan yang sebaiknya kita lakukan seusai membaca cerita tersebut. Setiap perasaan dan penjabarannya, penulis juga sering mengibaratkan dengan sesuatu hal yang lebih mudah dimengerti.

Menurut pendapat saya tidak ada yang salah dalam pemikiran dan penulisan artikel ini, bahkan akan ada banyak kesimpulan yang dapat kita ambil dari artikel tersebut, seperti;
  1. Setiap mahkluk hidup memiliki Kasih Sayang, tidak hanya manusia namun juga hewan, tergantung dari bagaimana makhuk tersebut mensyukurinya.
  2. Perasaan Kasih Sayang tidak cuma untuk sepasang kekasih, tapi juga untuk semua makhluk hidup yang saling tolong menolong dan kasih sayang orang tua kepada anaknya.
  3. Dengan kasih sayang untuk saling tolong menolong, maka kita tidak akan mengharapkan imbalan apapun dari orang yang kita tolong.
  4. Kasih Sayang terhadap diri sendiri dengan dan mensyukuri karunia yang telah diberikan oleh sang pencipta meskipun menurut kita itu tidak seindah dan sebaik yang dimiliki orang lain.

Sabtu, 10 Maret 2012

Tokusatsu : Kamen Rider OOO


Part 1 : Core dan Character 


Kali ini saya akan membahas tentang salah satu tokoh tokutsatsu belum lama ini popular di jepang. Sebelum untuk yang belum tahu, apa si tokusatsu itu?? Tokusatsu adalah julukan atau genre dari film di jepang yang bertema super hero/ sci-fi, seperti kamen raider, super sentai (power ranger), dan lain-lain. Nah, yang akan saya bahas sekarang mengenai salah satu kamen rider yang muncul pada tahun 2011 yaitu Kamen Rider OOO, dibaca triple O bukan triple Zero, atau lebih mudah disebut kamen rider Oz.

Saat saya pertama kali menonton film serial ini, saya sedikit bingung tentang apa itu greed, core, dan jumlahnya. Bagi yang baru saja ingin menonton serial mungkin topic saya kali ini akan sedikit membantu. Berikut sejarah singkatnya tentang Greed dan Core.

1. Greed dan Core
Pada 800 tahun muncul para alchemist yang menciptakan core (berbentuk koin) yang diciptakan dari hasrat/keinginan manusia dengan tujuan tertentu, jenis core pada film serial ini ada enam warna, merah, kuning, hijau, biru, abu-abu, dan ungu. Masing-masing core berjumlah sepuluh buah, berarti ada sekitar 60 core pada serial ini, dengan mengambil salah satu dari kesepuluh core medal tersebut maka terbentuklah monster yang disebut greed.
Greed terdiri dari tiga bagian tubuh berbeda, kepala, tangan + badan, dan pinggang sampai kaki. Setiap bagian tubuh tersebut terbentuk dari tiga core, pada bagian kepala terdapat satu core pengendali, dengan hilang atau hancurnya core tersebut maka greed pun juga akan hancur. Untuk mengendalikan para greed, alchemists membuat sosok Kamen Rider Oz. Namun saat 800 tahun lalu Oz terlalu tak mampu menahan kekuatannya sendiri menyegel Greed di dalam suatu peti bersama Belt (sabuk) untuk transform milik Oz.

2. Oz dan Core
Oz juga terdiri dari 3 bagian tubuh yang sama dengan greed, hanya saja Oz menggunakan core milik greed untuk berevolusi dan Oz juga hanya membutuhkan satu core untuk setiap bagian tubuhnya. Oz juga dapat menggabungkan warna secara acak pada setiap anggota tubuhnya, contohnya bentuk Basic dari Oz dengan kepala Taka (elang merah), badan Tora (singa kuning), kaki Batta (belalang hijau).
Saat Oz menggunakan warna yang sama pada ketiga bagian tubuhnya, maka kekuatan Oz akan berlipat ganda, disebut combo. Di serialnya berarti Oz dapat melalukan enam macam combo. Selain pada serialnya Oz juga memiliki 2 bentuk combo form yang lain pada The Movie nya.

Demikian dulu untuk saat ini info Tokusatsu dari saya, info selanjutnya akan menyusul di penulisan berikutnya.. Go Tokusatsu.. Ganbaree..

IBD : Perubahan Budaya

Perubahan kebudayaan merupakan suatu fenomena yang abadi dalamkehidupan di dunia ini. Perubahan kebudayaan adalah adanya ketidasesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda, sehinggaterjadilah keadaan yang tidak sesuai dengan fungsinya bagi kehidupan.Apalagi manusia makhluk hidup lainnya. Tidak ada yang bisamempertahankan hidup selamanya. Segala sesuatu yang ada di dunia ini akanmengalami kerusakan dan hanya ada satu yang abadi yakni Tuhan YME.Yang menyebabkan perubahan kebudayaan



Artikel : Westernisasi

Westernisasi adalah sebuah arus besar yang mempengaruhi kehidupan suatu bangsa maupun negara yang bertujuan untuk mewarnai kehidupan sehari-hari bangsa-bangsa dengan gaya Barat. Westernisasi di Indonesia menurut saya merupakan suatu masalah yang perlu dicermati bersama karena menyebabkan perubahan terhadap masyarakat Indonesia. Dan apabila warisan kepribadian bangsa yang telah menjadi ciri khas bangsa kita Indonesia  tidak dilestarikan maka sesungguhnya akan memberikan suatu perubahan yang signifikan dalam  kehidupan bangsa Indonesia, sehingga apa yang menjadi keunikan bangsa Indonesia akan tertelan secara perlahan-lahan oleh budaya asing terutama budaya barat dan tidak menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang memiliki kepribadian bangsa yang berbeda.

Sekarang ini begitu banyak generasi bangsa Indonesia yang bersikap “kebarat-baratan”, kini jati diri bangsa hanya tampak pada sebagian kecil kelompok masyarakat. Generasi kita terlalu bangga dengan kebiasaan dan adat orang-orang Barat, sementara dengan adat sendiri malu apabila menunjukkan adat tersebut di depan umum.beberapa contoh perubahan yang bersifat negatif yang muncul dari pengaruh budaya “kebarat-baratan” ini antara lain, yang pertama adalah gaya hidup. bisa kita lihat di kalangan artis banyak sekali yang kehidupannya itu glamour, padahal seyogyanya kehidupan seseorang yang terlalu glamour itu menandakan bahwa dirinya secara utuh telah terpengaruh oleh budaya barat. Biasanya kehidupan orang-orang berbudaya Indonesia pastinya sederhana sopan dan tidak terlalu memamer-mamerkan hartanya.

Selain itu juga gaya hidup yang glamour ini juga  mempengaruhi etika makan yang biasanya digunakan oleh bangsa Indonesia, biasanya makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi, entah itu sarapan pagi, makan siang, ataupun makan malam selalu memakan nasi tetapi sekarang sudah banyak orang-orang kalangan atas yang mengikuti gaya bangsa barat yaitu mengganti sarapan pagi yang biasanya menggunakan nasi diganti dengan memakan roti dan susu, sudah tergambar jelas bahwa budaya barat sangat berpengaruh. Selain itu juga cara makan yang digunakan orang-orang berkelas yang mengikuti budaya barat, mereka pasti menggunakan tata cara yang sudah ditentukan dalam suatu acara, seperti tata cara memegang sendok, garpu, dan pisau. Padahal adat yang digunakan dalam masyarakat indonesia apalagi masyarakat jawa lebih sering menggunakan tangan secara langsung untuk makan daripada repot-repot menggunakan sendok.

Ada juga sisi negatif lainnya yang menimbulkan banyak perubahan dalam citra diri bangsa Indonesia yaitu Cara berpakaian yang telah sebagian meniru budaya barat Sebagai contoh warga Indonesia sendiri banyak yang menyalah gunakan produk industri, misalnya thank top yang diluar negeri digunakan pada musim panas, akan tetapi di Indonesia malah digunakan untuk bergaya di depan umum. Ini yang menimbulkan banyak kontroversi di kalangan masyarakat, apalagi masyarakat yang muslim yang mewajibkan seorang perempuan untuk berjilbab. Budaya barat ini sangat bertentangan dengan adat istiadat, norma, dan ilmu agama. Yang lebih parah lagi tentang aktifitas malam yang sering dilakukan orang-orang berbudaya barat, mereka lebih sering berada di cafe-cafe pinggir jalan yang biasa disebut cafe remang-remang ataupun berada di club-club yang di gunakan untuk klabing dan hanya untuk kesenangan sesaat saja seperti mabuk-mabukan, berjudi, dan main perempuan ini yang menimbulkan perubahan yang sangat merugikan bangsa Indonesia yang dulunya lebih sering menggunakan aktifitas malam untuk istirahat ataupun melaksanakan suatu kegiatan seperti pengajian ataupun berkumpul dengan keluarga.

Meski begitu masyarakat harus bisa mengambil hal-hal yang baik dari suatu budaya asing serta membuang hal-hal yang buruk dari budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian maupun jati diri bangsa kita. Serta juga diperlukan peningkatkan jiwa nasionalisme, persatuan, dan kesatuan agar tertanam rasa lebih mencintai semua yang berasal dari negeri sendiri daripada dari orang negara lain.






Kesimpulan dan pendapat.

Dari artikel di atas dapat disimpulkan bahwa perubahan dinamis dan arus globalisasi yang tinggi menyebabkan Masyarakat kita sebagai bangsa indonesia yang memiliki banyak dan beragam kebudayaan kurang memiliki kesadaran akan pentingnya peranan budaya lokal kita ini dalam memperkokoh ketahanan Budaya Bangsa. Padahal sesungguhnya Budaya Lokal yang kita miliki ini dapat menjadikan kita lebih bernilai dibandingkan bangsa lain karena betapa berharganya nilai - nilai budaya lokal yang ada di negara ini.

Meski begitu tidak semua pengaruh budaya asing berdampak negative, banyak juga pengaruh yang berdampak positif bagi kita, diantaranya.

a.      1. Perubahan pola pikir menjadi lebih modern.
b.      2. Kemajuan industri dan perekonomian.                   
P       3. Kemerintahan yang lebih stabil.
d.      4. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Oleh sebab itu, kita harus bias memilih mana yang menurut kita baik dan mana yang tidak. Dan sebagai generasi muda, yang merupakan pewaris budaya bangsa, hendaknya memelihara seni budaya kita demi masa depan anak cucu.

Saran:

1.      Sebagai bangsa Indonesia hendaknya kita dapat memelihara dan membudidayakan budaya sendiri.
2.      Kita harus bisa memilah-milah kebudayaan luar yang masuk.
3.      Agar lebih mengantisipasi masuknya kebudayaan asing ke Indonesia.