Entri Populer

Sabtu, 10 Maret 2012

Tokusatsu : Kamen Rider OOO


Part 1 : Core dan Character 


Kali ini saya akan membahas tentang salah satu tokoh tokutsatsu belum lama ini popular di jepang. Sebelum untuk yang belum tahu, apa si tokusatsu itu?? Tokusatsu adalah julukan atau genre dari film di jepang yang bertema super hero/ sci-fi, seperti kamen raider, super sentai (power ranger), dan lain-lain. Nah, yang akan saya bahas sekarang mengenai salah satu kamen rider yang muncul pada tahun 2011 yaitu Kamen Rider OOO, dibaca triple O bukan triple Zero, atau lebih mudah disebut kamen rider Oz.

Saat saya pertama kali menonton film serial ini, saya sedikit bingung tentang apa itu greed, core, dan jumlahnya. Bagi yang baru saja ingin menonton serial mungkin topic saya kali ini akan sedikit membantu. Berikut sejarah singkatnya tentang Greed dan Core.

1. Greed dan Core
Pada 800 tahun muncul para alchemist yang menciptakan core (berbentuk koin) yang diciptakan dari hasrat/keinginan manusia dengan tujuan tertentu, jenis core pada film serial ini ada enam warna, merah, kuning, hijau, biru, abu-abu, dan ungu. Masing-masing core berjumlah sepuluh buah, berarti ada sekitar 60 core pada serial ini, dengan mengambil salah satu dari kesepuluh core medal tersebut maka terbentuklah monster yang disebut greed.
Greed terdiri dari tiga bagian tubuh berbeda, kepala, tangan + badan, dan pinggang sampai kaki. Setiap bagian tubuh tersebut terbentuk dari tiga core, pada bagian kepala terdapat satu core pengendali, dengan hilang atau hancurnya core tersebut maka greed pun juga akan hancur. Untuk mengendalikan para greed, alchemists membuat sosok Kamen Rider Oz. Namun saat 800 tahun lalu Oz terlalu tak mampu menahan kekuatannya sendiri menyegel Greed di dalam suatu peti bersama Belt (sabuk) untuk transform milik Oz.

2. Oz dan Core
Oz juga terdiri dari 3 bagian tubuh yang sama dengan greed, hanya saja Oz menggunakan core milik greed untuk berevolusi dan Oz juga hanya membutuhkan satu core untuk setiap bagian tubuhnya. Oz juga dapat menggabungkan warna secara acak pada setiap anggota tubuhnya, contohnya bentuk Basic dari Oz dengan kepala Taka (elang merah), badan Tora (singa kuning), kaki Batta (belalang hijau).
Saat Oz menggunakan warna yang sama pada ketiga bagian tubuhnya, maka kekuatan Oz akan berlipat ganda, disebut combo. Di serialnya berarti Oz dapat melalukan enam macam combo. Selain pada serialnya Oz juga memiliki 2 bentuk combo form yang lain pada The Movie nya.

Demikian dulu untuk saat ini info Tokusatsu dari saya, info selanjutnya akan menyusul di penulisan berikutnya.. Go Tokusatsu.. Ganbaree..

0 komentar:

Posting Komentar